Kostan yang Homey

200395471-001
http://www.rumahku.com

Lama gak ngeblog,  sibuk urusan pekerjaan dan percintaan, asyeeeek!

Udah dari kapan hari pengen nulis tentang kost-kostan, secara dari mulai SMA sekitar tahun 2004 sampai sekarang kerja hidupnya di kost mulu. Dari 2004-2007 sebenernya ku tinggal di pesantren, tapi boleh lah yah dikategorikan kost-kostan, maksa!  Dari mulai kuliah di bandung tahun 2007 – 2014 ku berpindah-pindah kostan beberapa kali, pokonya kostan di seluruh penjuru arah mata angin dah di cobain, dan sekarang mulai tahun 2015 di semarang ku juga tinggal di kostan, udah pindah dua kali malah.  Kalau di lihat dari riwayat menghuni kotsan, ni sudah ahli lah yah untuk masalah perkotsan. Menurutku sih ada beberapa hal yang buat kostan itu homey banget, nyaman, ngangenin.

  1. Bentuk kamar

Ku pernah tinggal di kostan yang cukup luas, berdua juga masih luas, tapi pernah juga tinggal dikostan yang cuman seumprit, di dalam hanya cukup lemari kecil, dan kasur kecil seukuran badan, bangunannya kaya sisa-sisa bangunan, gelap, gak ada sirkulasi udara juga, kalau malam di atapnya tikus-tikus lagi moto GP, sesak, juga kalau hujan banjir, blangsak amat ya, sedih pokonya kalau hujan, yang harusnya nyaman selimutan dan kruntelan, ni malah kebanjiran, disana gak bertahan lama, cuman sekitar 4 bulanan, terus pindah ke kamar yang lebih luas dan lebih layak.

Ku orangnya gak kreatif kreatif amat ngedandanin kamar kaya orang-orang dikasih pernak-pernik, yang penting secara estetika memenuhi lah, tata letak kasur dan lemari sinkron, gak ganggu mata, wes! Nyaman. Kalau pas tinggal di pesantren sih beda lagi, kita sekamar isinya bisa 15-10 orang, kamarnya besar, di dalam kamar properti yang kita miliki hanya kasur lipat dan lemari kecil, no privacy! tidur ngebarak kaya ikan pindang, tapi ya asyik-asyik ajah ya masa itu, seru!

  1. Teman sekamar

Ku sebenernya gak terlalu nyaman kalau se kamar berdua atau bahkan lebih, karena ku orangnya agak cuekan, simpen barang sana sini, gak teratur, apalagi kalau udah bad mood, takutnya temen sekamarku gak nyaman. Pernah sih beberapa kali se kamar berdua bahkan bertiga, ada yang berakhir sakinah mawaddah warrahmah, ada juga yang berujung perceraian,hahahah!. Kalau ku amati memang kalau sekamar dengan yang sebaya ku cenderung banyak gesekan, pertikaian, dan pecekcokan, tapi kalau sekamar sama yang yang lebih tua atau lebih muda cenderung lebih adem ayem. Jadi kalau merasa diri susah untuk sekamar sama orang lain, lebih baik pilih sekamar sendiri, lebih aman.

  1. Suasana kost

Ku suka suasana  kost yang rame, tapi tetep punya privacy di kamar masing-masing. Baru-baru ini ku pindah kost, gak nyaman karena kostnya ada 40 kamar, tapi yang isi cuman 5 kamar, bayangin doong! Hororrr maksimal! Secara ku penakut orangnya. Selain itu lebih individualis karena jarak antar kamar lumayan, interaksinya kurang.. Kostan yang sekarang nyaman banget, kita suka ngumpul-ngumpul di ruang TV, nonton film bareng, makan bareng, ngegosip bareng dan makan bareng.

  1. Ibu kost

Ku pernah ngekost di salah satu kostan yang kerjanya berantem mulu sama anaknya ibu kost, cerita dia ikut pake listrik tapi gak mau bayar, kan tekor bin cekak tuh, secara kita anak kotsan harus nanggung pemakaian listrik keluarga berumah tangga, jadi saja pertengkaran tak dapat terhindarkan sampai beberapa temen ada yang pindah kost karena gak nyaman berantem mulu. Pernah juga ngekost yang ibu kostnya kaya malaikat, baik bangeeettt! Makanan mengalir terus, kalau ada cucian piring dicuciin, kita bisa ngerumpi sana sini berbagi cerita, tapi sayang ku harus pindah karena kostannya mau direnovasi. Bahkan ketika ku gak negkost lagi disana ibu kostnya masih suka ngundang ke rumahnya, dimasakin, syurgaaa!

  1. Kebersihan

Ku bukan orang yang resik-resik amat, tapi gak jorok jugaaa, males juga kalau kotsan jorok apalagi kamar mandinya, sampai saat ini sih kebersihan kotsan standar-standar ajah, apalagi yang sekarang bersih banget, setiap dua kali sehari bapak kotsan dateng ngebersihin setiap sudut-sudut kotsan sampai kamar mandi. Tapi pas ngekost di kotsan yang berantem mulu ama anak ibu kostnya, kadang-kadang bermasalah dengan kamar mandi, pernah satu waktu di kamar mandi kita ada ayam, dan dikunci dari luar, jadilah itu kotoran ayam bertebaran dimana mana termasuk kamar mandi, masya allah!

 

Ada lagi gak kriteria kotsan yang homey?

Tinggalkan komentar